Pengantar Surat Galatia 1 : 1-10

17. 11. 21
posted by: Super User
Hits: 78

Pengantar Surat Galatia 1 : 1-10

Surat Galatia adalah suatu surat yang banyak di (salah) tafsirkan oleh pemikir Kristen Yunani sebagai dekrit Pembekuan Torah (Pengajaran) sebagai Orang percaya dalam Yeshua. Banyak Istilah yang tidak dipahami dengan jelas tetapi di pelesetkan seakan-akan pengertiannya berarti Torah sudah ditepis penggunaanya. A.l Perbuatan Torah , dibawah Torah,kutuk Hukum Taurat.

Surat kepada Jemaat-jemaat di Galatia ditulis Shaliakh (Utusan, Rasul ) Paulus (Shaul) sesudah perjalanan misinya yang pertama (47-48)sebelum Konsili Yerusalem diselenggarakan. Jemaat di Galatia sesungguhnya terbentuk oleh karena pelayanan Paulus yang menjadi utusan Yeshua Hamasiakh kepada bangsa-bangsa . Namun , sesudah

ditinggal Paulus , beberapa orang dalam jemaat Galatia mulai mengajarkan injil yang lain dari yang diajarkan oleh Paulus yang adalah Farisi yang percaya pada Yeshua. Mereka ini disebut pengacau oleh Paulus.

Siapa Pengacau itu? ada dua pendapat tentang siapa  mereka .

Pertama mereka orang Farisi yang belum percaya Yeshua dan karenanya menginginkan semua orang masuk agama Yahudi sebagai Proselyte sehingga tidak perlu percaya pada Yeshua,

Kedua mereka dapat saja Orang Farisi yang percaya Yeshua , tetapi bagi bangsa-bangsa selain Yahudi tetap diperlukan masuk ke agama Yahudi sekalipun sudah percaya pada Yeshua Hamasiakh terlebih dahulu, tetap perlu disunat agar selamat yaitu mendapat bagian dari Olam Haba (dunia akan datang).

Termasuk kelompok manapun , pengajaran yang meminta orang percaya bangsa-bangsa untuk disunat agar memperoleh status dibenarkan  jelas meniadakan pengorbanan Mesias di kayu salib . Seakan korban Yeshua tidak cukup untuk menyelamatkan Pendosa karena hanya dengan tambahan sunat seseorang dapat diselamatkan.

Rabbi Shaul melihat arah yang ditempuh oleh ajaran ini yang berujung pada pengingkaran akan korban Yeshua , bereaksi tegas dengan memberi kutuk (Gr Anathema) kepada Pengajar €“pengajar sesat itu.Sebagai utusan Firman , Paulus mengeluarkan Halakah agar bangsa bangsa yang percaya tetap ada pada keadaannya (tanpa sunat) ketika dipanggil menjadi Keluarga Tuhan (I Kor 7:18). Adalah isu sunat sebagai ikon proselyte yang merupakan Penyebab Surat Galatia di tulis.

Pengajaran Sabat, Oleh Gembala Benyamin Obadyah

SMF Jakarta

Last Updated on Friday, 07 November 2014 08:37